Rabu, 14 Desember 2011

RENAISANS DI EROPA

            Eropa menghadapi tantangan yang sangat berat. Terutama kerajaan usmani yang perpusat di Turki. Mereka melakukan berbagai penelitian tentang rahasia alam, berusaha menaklukkan lautan, dan menjelajahi benua yang sebelumnya masih diliputi oleh kegelapan. Setelah Christoper Colombus menemukan benua amerika (1492 M) dan Vasco Da Gama menemukan jalan ke timur melalui tanjung harapan (1498 M), benua amerika dan kepulauan hindia segera jatuh ke bawah kekuasaan eropa.
Eropa menjadi maju dalam dunia perdagangan, karena tidak tergantung lagi kepada jalur lama yang dikuasai umat Islam. Dengan sekejap mata dinding laut itu berubah menjadi jalan raya dan eropa yang semula terpojok segera menjadi yang dipertuankan di laut dan dengan demikian, yang dipertuan di dunia. Perekonomian bangsa–bangsa eropa pun semakin maju karena daerah–daerah baru terbuka baginya.
Tak lama stelah itu, mulailah kemajuan barat melampaui kemajuan islam yang sejak lama mengalami kemunduran. Kemajuan barat itu dipercepat oleh penemuan dan perkembangan dalam bidang ilmu pengetahuan. Penemuan mesin uap yang kemudian melahirkan revolusi industri di eropa semakin memantapkan kemajuan mereka. Teknologi perkapalan dan militer berkembang dengan pesat.
Eropa menjadi penguasa lautan dan bebas melakukan kegiatan ekonomi dan perdagangan ke seluruh dunia. Negeri–negeri islam yang pertama kali jatuh ke bawah kekuatan eropa adalah negeri–negeri yang jauh dari pusat kekuasaan kerajaan usmani, Negeri–negeri islam yang pertama dapat dikuasai barat itu adalah negeri–negeri islam di asia tenggara dan di anak benua India. Sementara, negeri–negeri islam di timur tengah yang berada di bawah kekuasaan kerajaan Turki Usmani, baru diduduki eropa pada masa berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar
Sebagai Pembaca yang Baik